Dosen KPI UMY Siap Pengabdian Masyarakat

February 4, 2019 by : superadmin-kpi

Media sosial merupakan salah satu media yang tepat dalam menjalin hubungan dengan orang lain. Sehingga tak jarang masyarakat menggunakannya sebagai ajang promosi dagangan yang dimilikinya. Media yang biasanya digunakan oleh masyarakat untuk promosi adalah facebook, instagram, twitter dan lain sebagainya. Akan tetapi masih terdapat masyarakat yang belum mengetahui tentang manfaat dari media tersebut.

Salah satunya adalah produksi ‘Mie Lethek’ di daerah Bantul, Yogyakarta yang belum mengetahui tentang manfaat dari adanya media sosial tersebut. Hal inilah yang mendorong dosen Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang bekerjasama dengan salah satu dosen Keperawatan UMY untuk melakukan Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM) di Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Beliau adalah Cahyo Setadi Ramadhan, S. Psi., Psikolog., sebagai ketua, Imam Suprabowo, S.Sos., M.S.I.,sebagai anggota dan Wulan Noviani, S.Kep., Ns., M.M. anggota.

Cahyo mengungkapkan bahwasanya program PKM ini dilakukan agar meningkatkan kualitas produk Mie Lethek tersebut salah satunya dengan menggunakan sertifikasi halal. Sertifikasi halal tersebut didapatkan dengan cara meningkatkan kadar gizi yang ada pada Mie Lethek dan dikemas secara menarik. Kegiatan yang dilakukan ini harapannya pada tahun 2019 dapat meningkatkan metode jual dan pengemasan Mie lethek. Tahun 2020 meningkatkan gizi pada Mie Lethek, kemudian pada tahun 2021 mendapatkan sertifikasi halal dan Mie Lethek masuk swalayan.