Himpunan Mahasiswa Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (HMJ KPI UMY) menyelenggarakan acara tahunan yang disebut dengan KKI CUP pada Kamis (01/03). Acara tersebut wajib diikuti oleh perwakilan antar kelas disetiap angkatan mulai dari angkatan 2014-2017. Acara tersebut diadakan di Gedung Olah Raga Kampus UMY dan Lapangan Futsal UMY. Acara ini meliputi dua agenda yaitu perlombaan futsal dan badminton, dengan tema “Eratkan Solidaritas Junjung Tinggi Sportifitas”. Seperti yang disampaikan oleh Sekretaris Program Studi KPI Raffidilla Vebrynda, M.Kom., mengenai tujuan diadakannya acara KKI CUP tersebut. “Bahwasanya tujuan dari acara KKI CUP ini pada bidang olah raga untuk mengeratkan kedekatan antar kelas dan angkatan terutama bagi anak reguler atau pun Internasional Programme for Islamic Broadcasting and Communication (IPICOM), kemudian sportifitas disini maksudnya adalah para mahasiswa dapat melaksanakan kegiatan ini dengan lancar tanpa masalah apapun, semuanya bisa menumbuhkan semangat baru dengan adanya kegiatan ini, selain itu dapat membentuk suatu keakraban antar mahasiswa dalam prodi KKI,” tuturnya.

“Salah satu kegiatan kesenian dan olah raga dalam HMJ KKI yang merupakan program kerja tahunan dan sudah diadakan sejak tahun-tahun sebelumnya dan diharapkan tahun depan akan diadakan lagi. Dalam proker kegiatan ini ada beberapa kendala yang salah satunya adalah kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai dalam keikutsertaan dan juga partisipasinya pada acara KKI CUP ini, terutama bagi mereka yang mengganggap acara tersebut hanya hal sepele saja sedangkan kerja panita sudah mencapai target maksimal dalam persiapan penyelenggaraan acara KKI CUP ini. Kemudian tujuan dari acara ini adalah bahwasanya kuliah itu bukan hanya aktif dalam kelas saja namun juga ada hal lain di luar kelas dalam bidang non akademik yang perlu dikembangkan seperti keolahragaan dan juga sebagai ajang silaturahmi antar angkatan,” ucap Muzzakir Salim selaku ketua panitia pelaksana KKI CUP 2018.

Menurut Aan A.R KKI Angkatan 2014 sebagai partisipan pemain futsal “Manfaat kegiatan KKI CUP ini sebagai ajang bakat keolahragaan untuk menyehatkan badan, kebugaran tubuh sehingga dapat melakukan pembakaran lemak dan maanfaat secara umumnya yaitu meningkatkan ukhuwwah sebuah keluarga kita di luar rumah, dan harapan kedepannya agar lebih memahasiswa dalam meningkatkan acara KKI CUP menjadi lebih baik lagi dan terus Berjaya,” ujarnya.

“Acara KKI CUP tahun 2018 ini cukup menarik dan membangun solidaritas antar mahasiswa dan harapannya agar tahun depan bisa menambah jenis perlombaannya bukan hanya futsal dan badminton saja serta komunikasi antar mahasiswa dan panitia lebih akurat lagi agar tidak terjadinya penguluran waktu selama berjalannya acara,” ungkap Anissa Nurul Huda KKI angkatan 2017. (Tim Jurnalistik; Nurma, Shafa, dan Dianita. OM)