Mahasiswa KPI FAI Kunjungi Lapas Wanita & Anak Kelas II B

Februari 3, 2018 oleh : superadmin-kpi

Dalam rangka Kuliah Kerja Nyata (KKL) yang dilaksanakan pada tanggal 30 Januari – 1 Februari 2018, mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) berkesempatan untuk  mengunjungi  Lapas Anak & Wanita Kelas II B, yang beralamatkan di Jalan Daan Mogot Km-23 No.28C, Tanah Tinggi, Kecamatan Tangerang, Tanah Tinggi, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten.

Bertemu langsung dengan narapidana yang merupakan anak-anak dan wanita adalah pengalaman baru dan menyenangkan bagi mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam, khususnya mahasiswa yang mengambil konsentrasi konseling. Lapas Anak & Wanita Kelas II B Tangerang menampung sekitar 270 warga binaan dan 4 orang bayi. Banyaknya warga binaan Lapas ini disebabkan kasus narkoba dan pergaulan bebas. Terdapat pula 50 orang petugas dan 12 pejabat struktural ynag bekerja di Lapas tersebut.

Kunjungan KKL ini disambut langsung oleh Ibu Yoesiana selaku petugas Lapas. Dalam sambutannya, Ibu Yeosiana  memaparkan  tujuan dari Lapas adalah  untuk membentuk warga binaan agar  menjadi pribadi yang lebih baik dan bisa diterima kembali dilingkungannya. Beliau juga menyampaikan bahwa selama dilapas warga binaan diajarkan berbagai keterampilan, seperti, menjahit, merajut, memasak, tata rias dan lain-lain.

Selain Lapas, perjalanan KKL ini juga mengunjungi Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), METRO TV, KPK TV & Radio, Trans TV, UIN Syarif Hidayatullah, Rumah Sakit Islam Pondok Kopi dan Pondok Pesantren Sirnarasa. Secara umum, tujuan KKL ini dilaksanakan adalah agar mahasiswa  dapat  membandingkan  antara  teori yang diperoleh dikelas dan praktik yang terjadi di lapangan. Mahasiswa juga diharapkan  mampu melihat masalah dan peluang yang ada pada suatu institusi sesuai konsentrasi yang diambil, yaitu  Komunikasi dan Konseling. (SR)